Upaya Guru Memahami Kesulitan Belajar Siswa

Dalam proses pembelajaran di sekolah, aktivitas belajar tidak selamanya dapat berjalan lancar. Kemungkinan ada saja masalah yang di temukan, terutama masalah kesulitan belajar yang dialami peserta didik. Keadaan ini merupakan masalah umum terjadi dalam proses belajar-mengajar, terutama dalam prinsip belajar tuntas. Di kalangan para pendidik belum ada pengertian yang baku mengenai kesulitan belajar ini.

Hal yang dilakukan ketika ditengah kesulitan

Alih-alih mengawasi kebijakan pemerintah, DPR justru menjadi bagian dari pembuatan keputusan kotroversial dan harus jadi sasaran pengawasan masyarakat di tengah pandemi. Mereka punya tugas penting membuat kebijakan dan bekerja sama bersama pemerintah untuk mencari method penanganan pandemi Covid-19. Suplai kasur tidak lagi cukup untuk merawat korban Covid-19 yang tumbang. Masyarakat harus bergotong royong untuk bisa membantu sesamanya yang membutuhkan bantuan pernafasan. Tentu saja meminta kemewahan seperti “UGD” atau “rumah sakit khusus” dianggap sebagai hal yang tak sensitif.

Kesuksesan bukan milik mereka yang diam, pasif, dan tidak mau berjuang ditengah kesulitan. Memang sangat sulit untuk bersyukur ketika kita cenderung menghasihani diri sendiri. Akan tetapi perlu diketahui, mengasihani diri sendiri merupakan pikiran yang bisa diubah menjadi rasa syukur. Cobalah untuk menghitung kebaikan dalam hidup Anda yang bisa disyukuri. Umumnya, hanya orang-orang yang kuat secara mental yang mampu mengatasi hal ini dengan bijaksana.

Masalahnya, perilaku dan kinerja anggota DPR tidak memberikan contoh yang baik. Pertama, anggota DPR dari fraksi PAN Guspardi Gaus beberapa waktu lalu baru kembali dari luar negeri–dia menolak melakukan isolasi mandiri dan ikut rapat. Setelahnya dia meminta maaf dan tidak mendapat sanksi denda apalagi pidana. “Siapa yang bertanggung jawab untuk hal itu? jawabannya adalah guru. Karena itu mari setiap kita menjadi guru. Jadi tidak hanya dosen atau guru di sekolah, kita semua harus menjadi guru,” tegasnya. Permasalahan dan kesulitan yang dialami dapat menjadi sebuah hal yang biasa dirasakan jika kita berusaha untuk bisa berpikir positif. Dengan tersenyum dapat membuat hidup lebih tenang dan lebih dapat menerima masalah yang terjadi dalam hidup.

Terutama, ujarnya, bangkit dari keterpurukan ditengah pandemi COVID-19. ‘’Koperasi juga harus menjaga likuiditas cashflow, karena koperasi lebih banyak permodalan dari anggota. Syukur Deposit LINK AJA sejauh ini belum ada kepanikan anggota, namun hal itu tetap harus diantisipasi ,’’ ujar Andi Amri. ‘’Namun, melihat kondisi saat ini sangat tidak memungkinkan menggelar RAT.